Siapa Caleg 2024 untuk DPR-RI/ DPD-RI/ DPRD Prov. dan DPRD Kab./Kota-mu? Cek di sini...

Berita Anggota Parlemen

Komisi I Apresiasi Kinerja Kominfo dalam Mendukung Kota Serang Jadi 'Smart City'

sumber berita , 22-03-2024

Anggota Komisi I DPR RI Jazuli Juwaini mengapresiasi kinerja Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), terutama Dirjen APTIKA (Aplikasi Informatika) dan Pemkot Serang yang telah memberikan dukungan kepada Kota Serang menjadi Smart City. 

“Saya dari Komisi I umumnya dan khususnya yang dari Dapil Banten 2 ini berterima kasih kepada Kominfo yang telah memilih Kota Serang sebagai salah satu kota yang menjadi objek program dari smart city ini. Nah kita Komisi I ingin melihat apa tantangannya, apa hambatannya,” ujar Jazuli Juwaini kepada Parlementaria usai memimpin Kunjungan Kerja Komisi I ke Serang, Banten, Jumat (22/3/2024). 

Dalam kunjungan ini, Komisi I melihat adanya tantangan yakni soal data kependudukan. Kominfo menyampaikan bahwa dalam pembangunan smart city ini akan menggunakan Digital ID, dimana hal ini nantinya akan berpengaruh juga dengan e-KTP yang diterbitkan oleh Kemendagri. 

“Ada irisan yang besar antara Menkominfo dengan Mendagri tentang data kependudukan dan Digital ID, di mana hambatan-hambatan itu bila perlu kami di komisi juga melakukan rapat lintas komisi untuk mempercepat (solusi),” jelas Jazuli. 

Terakhir, Jazuli berharap agar pembangunan Kota Serang menjadi smart city ini mendapatkan banyak dukungan, mengingat banyak dampak positif yang diharapkan. Seperti yang kita tahu smart city merupakan wilayah kota yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi  dalam tata kelola sehari-hari dengan tujuan untuk mewujudkan efisiensi, memperbaiki pelayanan  publik, serta meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan warganya.

“Sasaran program ini kan sebenarnya untuk meningkatkan pelayanan publik untuk meningkatkan percepatan kesejahteraan masyarakat karena banyak sektor yang bisa diselesaikan dari program smart city,” pungkasnya. (syn/aha)

 

Diposting 25-03-2024.

Dia dalam berita ini...

Jazuli Juwaini

Anggota DPR-RI 2019-2024
Banten 2