Berita Anggota Parlemen

PAN Klaim Sejak Awal Keukeuh Deviasi ICP 15%

Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di DPR Tjatur Sapto Edi menegaskan partainya sedari awal memutuskan deviasi pada Indonesia Crude Product (ICP) berada 15 persen selama rentang waktu enam bulan.

Meski demikian, dia menolak jika ada anggapan yang mengatakan partainya menerima kenaikan harga BBM. "Itu tidak benar. Jadi kita sudah perhitungkan sejak awal soal itu (keputusan). Kita dari awal bilang 15 persen dengan rentang waktu enam bulan," tuturnya kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/3/2012) dini hari.

Menurut Tjatur, dalam memutuskan langkah ini, PAN telah memperhitungkan ICP sejak Oktober sampai Maret. "Harga rata-rata ini untuk ICP ini kita perhitungkan dalam rentang waktu Oktober sampai Maret," imbuhnya.

Kendati demikian, Tjatur menyangkal jika partainya disebutkan telah mencapai kesepakatan dengan Partai Demokrat dalam lobi-lobi yang dilakukan tadi. "Kita tidak menyebutkan sepakat dengan Demokrat. Kita tetap pada angka 15 persen," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, dari rapat paripurna, diperoleh dua opsi yakni opsi pertama tidak ada perubahan apapun dalam RUU APBN-P 2012 pasal 7 ayat 6 yang isinya tidak memperbolehkan pemerintah menaikkan harga BBM.

Opsi kedua menerima penambahan pasal 7 ayat 6 a yang isinya adalah memperbolehkan pemerintah mengubah harga BBM jika harga minyak mentah (Indonesia Crude Price/ICP) mengalami kenaikan atau penurunan rata-rata 15 persen dalam kurun waktu 6 bulan terakhir.

Adapun anggota DPR yang setuju terhadap opsi pertama sejumlah 82 orang. Sementara anggota yang setuju dengan opsi kedua sebanyak 356 orang dan sianya melakukan walkout. Anggota DPR sendiri, saat berjumlah 600 orang.

Ketika dikonfirmasi hal ini, Menteri Keungan Agus DW Martowardojo hanya mengatakan. "Pemerintah menyetujui hasil voting yang opsi kedua," tegas dia.

Diposting 02-04-2012.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Tjatur Sapto Edy

DPR-RI 2009 Jawa Tengah VI
Partai: PAN