Berita Anggota Parlemen

KPU Tetapkan Anggota DPRD NTB Terpilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil menetapkan perolehan jumlah kursi partai politik (parpol) peserta Pemilu 2009 dan anggota DPRD NTB terpilih periode 2009-2014. 
    Perolehan jumlah kursi parpol dan anggota DPRD NTB terpilih itu ditetapkan dalam pleno terbuka yang diselenggarakan KPU Provinsi NTB di Hotel Lombok Raya Mataram, Senin.

         Pleno yang dipimpin Ketua KPU Provinsi NTB, Fuazan Khalid, itu diawali dengan penetapan Bilang Pembagi Pemilih (BPP) yang diperoleh dari jumlah suara sah pada pemilu DPRD NTB, 9 April lalu, dibagi alokasi kursi setiap daerah pemilihan (Dapil).

         Total jumlah kursi di DPRD NTB sebanyak 55 kursi yang diperebutkan 38 partai politik peserta Pemilu 2009 di enam Dapil.

         Jumlah suara sah di Dapil 1 (Kota Mataram) dengan alokasi lima kursi mencapai 147.298 suara sehingga BPP mencapai 29.460 suara.

         Jumlah suara sah di Dapil 2 (Kabupaten Lombok Barat) dengan alokasi 10 kursi mencapai 346.471 suara sehingga BPP mencapai 34.647 suara.

         Jumlah suara sah di Dapil 3 (Kabupaten Lombok Tengah) dengan alokasi 10 kursi mencapai 387.740 suara sehingga BPP mencapai 38.774 suara.

         Jumlah suara sah di Dapil 4 (Kabupaten Lombok Timur) dengan alokasi 14 kursi mencapai 505.951 suara sehingga BPP mencapai 36.139 suara.

         Jumlah suara sah di Dapil 5 (Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat) dengan alokasi enam kursi mencapai 251.018 suara sehingga BPP mencapai 41.836 suara.

         Jumlah suara sah di Dapil 6 (Kabupaten Dompu, Bima dan Kota Bima) dengan alokasi 10 kursi mencapai 392.619 suara sehingga BPP mencapai 39.262 suara.              
    Dari BPP di enam dapil itu, hanya 15 parpol yang meraih kursi DPRD NTB atau memiliki wakil rakyat di gedung DPRD NTB, sehingga 23 parpol lainnya tidak berhak atas kursi wakil rakyat itu.

         Partai Golkar meraih 10 kursi di enam dapil, Partai Demokrat meraih delapan kursi di enam Dapil, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meraih enam kursi di enam dapil, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) lima kursi di lima dapil dan Partai Bulan Bintang (PBB) meraih lima kursi di empat Dapil.

         Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) masing-masing meraih empat kursi di empat Dapil, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) meraih tiga kursi di tiga Dapil.

         Tiga parpol lainnya yakni Partai Bintang Reformasi (PBR), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB) masing-masing meraih dua kursi di dua Dapil.

         Empat partai politik peserta pemilu lainnya masing-masing meraih satu kursi di dapil yang berbeda yakni Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN).

         KPU Provinsi NTB juga menetapkan 55 orang anggota DPRD NTB terpilih, dari Partai Golkar yakni Ir H. Misbach Mulyadi, Drs H. Lalu Sujirman, H. Moh. Suhaili Fadil Thohir, SH, H Lalu Wiraginawang, Baig Indah Puspitasari, SE, Ardany Zulfiqar, SH, Drs H. Sahafari Asy'ari, Muh. Amin, SH, Drs A. Hafid dan H. Wahiddin H.M. Noer, SE.

         Anggota DPRD NTB terpilih dari Partai Demokrat yakni H. Mahsar, Moh. Maliki, M. Intihan, Lalu Abd. Halik Iskandar (alias Mamig Alex), Romani, H. Bustam, SH, M. Said Ahmad dan Drs Sulaiman Hamzah.

         Anggota DPRD NTB terpilih dari PKS yakni Istiningsih, H. Mosleh Kholil, SIP, Patompo, LC, H. Abdul Hadi, Johan Rosihan dan Suryadi Jaya Purnama, ST.  
    Anggota DPRD NTB terpilih dari PDIP yakni Ir Made Slamet, MM, Dra Endang Yulianti, Drs Ruslan Turmudzi, H.M. Husni Djibril, B.Sc dan H. Supardi, SH, M.Si.

         Anggota DPRD NTB Dari PBB yakni H.A. Isror Idris, SH, H.L. Moh. Syamsir, SH, TGH Husnud Du'at, Lalu Yaqutunnafis, S.Pd, dan Zulkarnaen, SE, MM.

         Anggota DPRD NTB terpilih dari PAN yakni H. Hadi Sulthon, S.Sos, Rizali Hadi, S.Pd, H. Edy Muchtar, S.Sos dan Drs H. Ali Ahmad, SH.

         Anggota DPRD NTB terpilih dari PPP yakni Drs H. Muzihir, Dra Hj Wartiah, M.Pd, Drs TGH Hazmi Hamzar dan Nurdin Ranggabarani, SH, MH.

         Anggota DPRD NTB terpilih dari Partai Hanura yakni Suharto, ST, MM, H. Burhanudin, S.Sos, MM, dan H. Rumaksi, SJ, SH.

         Sementara anggota DPRD NTB terpilih dari PKPB masing-masing H. Machsun Ridwainy, S.Sos, MBA dan Ahmad, SH, dari Partai Gerindra yakni M. Sakduddin, SH, dan Mori Hanafi, SE, M.Com, dan dari PBR yakni Drs H.Abd. Rahman Fajri, M.PdI, dan Drs TGH Abdul Hayyi Nu'man, MPdI.

         Sedangkan empat anggota DPRD terpilih lainnya yakni H.M. Adnan Kasogi, SH dari PPPI, Drs Noerdin H.M. Yacub dari PPRN, H. Najamudin Mustafa dari PKB dan Drs H. Marinah Hardy dari PKNU.(*)

 

Diposting 22-08-2011.

Mereka dalam berita ini...

Noerdin H.M. Yacub

DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat 2009 Nusa Tenggara Barat 6
Partai: PPRN

Tgh Abdul H. Nu'man

DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat 2009 Nusa Tenggara Barat 4
Partai: PBR

Abd. Rahman Fajri

DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat 2009 Nusa Tenggara Barat 3
Partai: PBR

M. Adnan Kasogi

DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat 2009 Nusa Tenggara Barat 2
Partai: PPPI

Mori Hanafi

DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat 2009 Nusa Tenggara Barat 6
Partai: Gerindra