Berita Anggota Parlemen

Pemprov-Pempus Diminta Kerjasama Atasi Pengemis Musiman Jakarta

Anggota Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadziliy mengatakan, fenomena pengemis musiman di Jakarta tidak semata merupakan tanggungjawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Karena banyak di antara para pengemis musiman itu yang berasal dari luar Jakarta, sehingga penanganan masalah ini tidak semuanya menjadi tanggungjawab Pemerintah DKI Jakarta," ujar Ace, Senin (22/7).

Menurut politisi Golkar ini, Pemerintah DKI Jakarta memiliki keterbatasan anggaran dalam mengatasi fenomena pengemis musiman jelang lebaran. Sehingga, Pemprov DKI Jakarta berwenang memulangkan pengemis-pengemis itu ke daerah masing-masing. "Untuk itu diperlukan kerjasama antara pemerintah daerah yang difasilitasi pemerintah pusat, guna memulangkan mereka ke kampung halamannya melalui Kementerian Sosial yang memfasilitasi," tukasnya.

Di sisi lain, ia berharap agar masyarakat menyalurkan infaq dan shadaqohnya ke lembaga-lembaga amal yang sudah diakui kreadibilitasnya seperti ke Badan Amil Zakat, Dompet Dhuafa, ACT, Lazis NU, Lazis Muhammadiyyah, dan GOZIS. Karena menurut dia, lembaga-lembaga ini sudah memiliki program penyaluran zakat, infaq dan shodaqah yang lebih berorientasi pemberdayaan dan penguatan ekonomi umat, bukan hanya charity.

"Lebih baik infaq dan shodaqah diberikan kepada lembaga resmi. Karena pengelolaan dan penyalurannya jelas dan dapat dipertanggungjawabkan pada publik," pungkasnya.

Diposting 23-07-2013.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Tb. Ace Hasan Syadziliy

DPR-RI 2009 Banten I
Partai: Golkar