Komentari
Berita Anggota Parlemen

Sekjen DPP Perti Berpeluang ke DPD

sumber berita , 18-04-2013

Sejak di­bukanya pendaftaran untuk bakal calon (balon) anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) pada 9 April lalu, hingga Rabu kemarin (17/4) sudah tiga orang yang menyatakan maju untuk menjadi bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dari Sumbar, mereka itu Yong Hendri, Emma Yo­hana dan terakhir Andi Har­maini Rusli.

Koordinator Hukum KPU Sumbar, Ardyan me­nyam­paikan, Andi Harmaini Rusli sudah menyerahkan data du­kungan lebih dari 3.000 orang. “Sampai hari ini sudah tiga orang yang mendaftar untuk menyatakan maju menjadi DPD satu di antaranya Andi Harmaini Rusli. Menurut yang bersangkutan dirinya dia­kui­nya telah memenuhi per­syaratan yang telah ditetapkan yakni minimal menyerahkan dukungan minimal sebnayak 3.000 orang,” jelas Ardyan kepada Padang Ekspres di KPU Sumbar, Rabu (17/4).

Dikatakan, untuk maju menjadi DPD memang banyak persyaratan yang dipenuhi. Seperti yang tercantum dalam pasal 12 BAB II tentang per­syaratan bakal calon DPD di antaranya mengundurkan diri sebagai kepala daerah, wakil kepala daerah, Pegawai Negeri Sipil, anggota (Tentara Negara Indonesia) TNI, dan hal-hal lainya termasuk surat bukti kesegatan jasmani dan rohani.

Selain itu, peminat yang ingin menjadi DPD juga harus mendapatkan dukungan minimal 3000 pendukung. Hal ini tentunya sesuai dengan Pasal 7 Bab II dimana Provinsi yang berpenduduk lebih dari 5.000.000 sampai dengan 10.000.000 orang harus men­dapat dukungan minimal atau paling sedikit 3000 orang dukungan.

“Ya, sesui dengan per­sya­ratan inilah yang harus di­penuhi bagi peminat. Kalau belum mencukupi 3.000, ya dilengkapi terlebih dulu,” lan­jutnya. Seperti diketahui ma­sih ada waktu untuk siapa saja yang ingin menjadi bakal calon DPD hingga tanggal 22 April 2013 mendatang.

Dirinya berharap kepada yang berminat agar dapat segera mendaftar. “ Meski masih ada waktu jangan di­tunda-tunda lagi langsung saja mendaftar. “Kami di KPU siap menerima. Jangan sampai nanti malah diakhir-akhir waktu banyak yang mendaftar ini yang malah akan me­nga­ki­bat­kan persoalan,” harap Ar­dyan.

Ingin Lengkapi Peran DPD

Di bagian lain, alasan Andi Harmaini Rusli mendaftar untuk DPD, tidak lain untuk melengkapi peran DPD Sumbar.

“Saat ini peran para senator Sumbar di tingat pusat sudah cukup baik, selain jaba­tan ketua DPD berasal dari Sumbar, juga manejerial para senator itu pun lebih intens. Namun saya ingin me­leng­kapinya lagi bisa dipercaya sebagai senator Sumbar nan­tinya,” jelas Andi.

Peran yang ingin dileng­kapi Sekjen Persatuan Tar­biyah Islamiyah (Perti) pusat itu di antara pada aspek tek­nologi dan keagamaan, yang menurutnya akan bertambah kuat jika digabungkan dengan aspek manejerial yang sudah terbangun sebelumnya oleh anggota DPD yang ada saat ini.

Diakuinya, untuk maju ke DPD itu, dirinya sudah men­dapatkan 3.415 dukungan yang tersebar di 12 kabupaten kota di Sumbar.

Diposting 18-04-2013.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Andi Harmaini

Caleg DPD-RI 2014
Sumatera Barat

Yong Hendri

Caleg DPD-RI 2014
Sumatera Barat

Emma Yohanna

Anggota DPD-RI 2014
Sumatera Barat