Berita Anggota Parlemen

DPR Apresiasi Keberhasilan Minapolitan Perikanan Budidaya

Berita Satu, 25-02-2015

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Titiek Soeharto, mengatakan bahwa DPR cukup puas dengan keberhasilan pembudidayaan patin di kawasan minapolitan perikanan budidaya yang berlokasi di Cindai Alus , Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Masyarakat sekitar lokasi budidaya juga lebih sejahtera.

“Produksi pakan mandiri terbukti mampu meningkatkan gairah pembudidaya, karena lebih menguntungkan dan terbukti menyerap tenaga kerja," ujar Titiek saat Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI di Cindai Alus, Kab. Banjar, Kalimantan Selatan dalam siaran pers yang diterima Investor Daily, Jakarta, Rabu (25/2).

Ia mengatakan lokasi tersebut dapat dijadikan contoh kawasan lain. Pengembangan kawasan minapolitan telah mendorong peningkatan produksi secara signifikan. Kawasan minapolitan berbasis perikanan budidaya merupakan konsepsi pembangunan ekonomi yang berbasis prinsip terintegrasi, efisiensi, dan percepatan pembangunan.

“Minapolitan perikanan budidaya telah berhasil menjadi contoh daerah lain yang memiliki potensi serupa, sehingga memberikan dampak yang positif bagi daerah laiinya," ucap Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto.

Kabupaten Banjar merupakan salah satu kabupaten minapolitan berbasis perikanan budidaya dengan komoditas utama adalah patin. Slamet menjelaskan kawasan minapolitan perikanan budidaya di Kabupaten Banjar ini, secara nyata mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Ia mengungkapkan dalam satu hari mampu menghasilkan 35 – 40 ton patin untuk dipasarkan ke Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Gerpari
Gerakan Pakan Mandiri (Gerpari) yang telah dicanangkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan juga telah di terapkan di kawasan budidaya patin Cindai Alus. Pabrik pakan mandiri yang di kelola oleh Suhadi telah mampu memproduksi pakan patin setiap hari secara rutin dan mampu memproduksi 5 ton pakan setiap hari.

"Pakan yang saya produksi ini belum cukup untuk memenuhi kebutuhan pakan di wilayah Cindai Alus. Tetapi dengan Pakan Mandiri ini, kami bisa menurunkan biaya produksi," ujarnya.

Diposting 25-02-2015.

Dia dalam berita ini...

Titiek Utami

Anggota DPRD Kota Magelang 2014