Berita Anggota Parlemen

DPD RI akan Kembangkan Registered Nurse Dengan Filipina

sumber berita , 14-08-2017

Anggota Delegasi Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) mengunjungi Asosiasi Perawat Nasional (PNA) Filipina di Distrik Malate, Manila, 10/8/2017.

“Filipina sangat terkenal dengan pendidikan keperawatan, dan perawat-perawat mereka diakui dan dihargai oleh dunia internasional”, kata dr. Delis Julkarson, anggota DPD RI dari Sulawesi Tengah yang hadir dalam pertemuan tersebut.

Perawat laki-laki maupun perempuan di Filipina harus melewati pendidikan dengan kurikulum berbasis-kompetensi dan berorientasi komunitas selama 4 tahun.

“Indonesia dengan sumberdaya manusia muda dan berlimpah memerlukan pengalaman dan keahlian Filipina di bidang keperawatan,” kata Pendeta Carles Simaremare, anggota delegasi lainnya dari Provinsi Papua.

Menurut Statistik Kementerian Tenaga Kerja Amerika Serikat, negara itu memerlukan 1,2 juta tenaga keperawatan antara tahun 2014 hingga 2022 yang antara lain dipicu oleh pertumbuhan penduduk berusia tua.

Menurut Parlindungan Purba, anggota delegasi dan juga Ketua Komite II, hasil pertemuan dengan PNA akan disampaikan kepada Komite IIhbI DPD RI sebagai komite yang membidangi urusan pendidikan dan tenaga kerja.

Delegasi BKSP DPD RI yang dipimpin Prof. Dr. Dailami Firdaus (Jakarta) mengadakan kunjungan ke Filipina pada tanggal 8-10 Agustus 2017, guna bertemu para mitra di Senat, DPR Filipina, ADB dan Persatuan Perawat Filipina.

Turut serta Parlindungan Purba (Sumatera Utara), H. Abu Bakar Jamalia (Jambi), Ahmad Jajuli (Lampung), Dr. I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III (Bali), dr. Delis Julkarson Hehi (Sulawesi Tengah), Adrianus Garu (NTT) dan Pendeta Carles Simaremare (Papua).

Diposting 14-08-2017.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Carles Simare Mare

Anggota DPD-RI 2014
Papua

Adrianus Garu

Anggota DPD-RI 2014
Nusa Tenggara Timur

Ahmad Jajuli

Anggota DPD-RI 2014
Lampung

Abu bakar Jamalia

Anggota DPD-RI 2014
Jambi

Parlindungan Purba

Anggota DPD-RI 2014
Sumatera Utara