Berita Anggota Parlemen

Komnas HAM Belum Tunjukkan Arah yang Jelas

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dinilai belum menunjukkan kinerja yang jelas. Ke mana sebetulnya arah kerja Komnas HAM, hingga sekarang belum diketahui publik. Banyak PR menumpuk di pundak para Komisioner HAM periode ini untuk segera diselesaikan.

Anggota Komisi III DPR RI Wihadi Wijayanto memaparkan hal tersebut saat mengikuti rapat kerja Komisi III dengan Komnas HAM di ruang rapat Komisi III, Senayan, Jakarta, Senin (19/3/2018). Arah kerja yang dimaksud Wihadi adalah apakah Komnas HAM pro rakyat atau pro pemerintah. “Komnas HAM sekarang punya banyak PR. Banyak kasus-kasus HAM belum ada titik terangnya. Namun, saya meilhat, Komnas HAM yang baru belum menunjukkan arah, apakah pro rakyat atau pro pemerintah,” paparnya.

Banyak kasus pelanggaran HAM yang sebetulnya bersentuhan dengan hak-hak rakyat, tapi belum disentuh Komnas HAM. Misalnya, Wihadi menyebut, kasus perdagangan orang dalam masalah pekerja migran. Banyak pekerja migran Indonesia yang sengaja dijual ke pihak penampung di luar negeri atau tanpa diketahui ia dijadikan kurir narkoba. Kasus terakhir menimpa seorang pekerja migran asal NTT yang tewas di kandang anjing di Penang, Malaysia.

Komnas HAM belum bereaksi atas masalah-masalah pelanggaran HAM seperti ini. “Masalah human trafficking yang terkait TKI. Baru-baru ini kita dikejutkan dengan kasus TKI asal NTT yang meninggal di Penang, di kandang anjing. Saya tidak melihat Komnas HAM memberi respon atas kasus-kasus tersebut dan bagaimana solusinya,” ungkap politisi Partai Gerindra itu. 

Diposting 20-03-2018.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Wihadi Wijayanto

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Timur IX