Komentari
Berita Anggota Parlemen

Bongkar Sengkarut Travel Bodong, Fraksi PDI-P Akan Bentuk TGPF

Fraksi PDI Perjuangan DPR RI berjanji akan serius menyampaikan pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) guna mengungkap marakknya travel umrah bodong.  

 

Malalui TGPF ini, diharapkan bisa menguak semua pihak yang terkait dengan travel-travel nakal yang selama ini memanfaatkan uang jamaah. Karena sudah banyak umat Islam yang menjadi korban tipu-tipu.

 

Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Diah Pitaloka menganggap maraknya travel umrah yang tak bertanggungjawab ini seharusnya menjadi prioritas pemerintah untuk membereskannya, dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag).

 

"Ini akan jadi konsen di DPR dan pemerintah, dan saya setuju bentuk TGPF agar proses pengembalian dan proses hukum justru merugikan jamaah. Dan usulan TGPF ini akan kami sampaikan ke presiden," kata Diah saat menerima audiensi dengan sejumlah korban First Travel di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (2/4/2018).

 

Menurut Diah, pemerintah sebaiknya memikirkan terlebih dulu bagaimana aset-aset yang dimiliki pemilik travel umrah yang bermasalah seperti First Travel diprioritaskan untuk membayar ganti rugi jamaah yang sampai saat ini belum bisa diberangkatkan.

 

"Jangan sampai aset sitaan diprioritaskan untuk hutang," katanya.

 

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan mengungkapkan perlunya ketegasan terhadap Kemenag soal penipuan travel umrah nakal ini. Tak hanya TGPF, ia bahkan akan mengusulkan dibentuknya Panitia Khusus (Pansus) Travel Umrah.

 

 

 

"Saya pribadi akan usulkan dibentuk Pansus Penipuan Travel Umrah," kata Arteria di lokasi yang sama.

 

 

 

Sementara pengacara korban First Travel, Rizki Rahmadiansyah menuturkan perlunya ada TGPF merupakan langkah terakhir sebelum First Travel dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Bila dinyatakan pailit, dikhawatirkan kerugian yang diderita ribuan korban first travel tak akan terbayarkan.

 

 

 

"Langkah terakhir sebelum kepailitan First Travel karena itu akan jadi role model setiap kasus umrah nanti akan dijadikan kayak gini," tutur Rizki.

 

 

 

Rizki pun berharap Fraksi PDI Perjuangan sebagai partai politik yang mengusung Presiden Joko Widodo bisa mewujudkan keinginan para korban Fist Travel agar TGPF Bbisa terbentuk.

 

 

"Untuk itulah kita datang ke PDIP selaku partai pengusung presiden," pungkasnya.

Diposting 03-04-2018.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Arteria Dahlan

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Timur VI

Diah Pitaloka

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Barat III