Berita Anggota Parlemen

Yusril Sebut Jokowi Jadi Alasan Kader PPP Hengkang, Baidowi: Sejak Kapan Yusril Jadi Jubir PPP?

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menyebut sejumlah kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) merapat ke partainya karena tidak setuju mendukung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada pilpres 2019.

Wakil Sekjen DPP PPP tersebut mempertanyakan, sejak kapan Yusril berubah jabatannya menjadi juru bicara PPP.

Baidowi pun menyatakan bahwa itu hanya pernyataan Yusril, bukan merupakan pernyataan dari para kader PPP yang hengkang itu.

"Itu kan kata Yusril, sejak kapan jadi Jubir PPP?" ujar Baidowi, dalam pesan singkatnya kepada Tribunnews, Jumat (20/4/2018).

Anggota DPR RI itu pun menjelaskan bahwa sejumlah kader yang 'loncat' ke PBB itu merupakan kader yang selama ini tidak bergabung dengan barisan Muktamar Pondok Gede.

"Mereka yang pindah ke PBB itu ya memang selama ini tidak bergabung ke barisan Muktamar VIII Pondok Gede," kata Baidowi.

Lebih lanjut ia menegaskan, walaupun mereka hengkang dari PPP karena alasan tidak mendukung Jokowi, namun nyatanya Munas Alim Ulama tidak mempermasalahkan dukungan itu dan tetap pada sikap awal partai yakni mendukung Jokowi sebagai calon Presiden (capres) pada pilpres mendatang.

"Nyatanya Munas alim ulama tak masalah dengan Jokowi," tegas Baidowi.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menyebutkan alasan dibalik sejumlah kader PPP merapat ke partainya.

Menurutnya, mereka yang hengkang merasa tidak puas dengan langkah politik yang diambil oleh PPP.

Satu di antaranya karena PPP memberikan dukungan terhadap Jokowi untuk maju dalam pilpres mendatang.

Menurut Yusril, sejumlah kader yang merapat ke partainya itu berasal dari dua kubu, yakni kubu Djan Faridz dan kubu Muhammad 'Romy' Romahurmuziy.

"Dari dua kubu pokoknya, yang sama-sama tidak puas dengan kebijakan yang ditempuh oleh partai, kalau dulu itu tidak setuju dengan (PPP) dukung Ahok, kalau sekarang ini tidak setuju karena barangkali dukung Jokowi," kata Yusril di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (18/4/2018).

Sementara itu, politisi PPP Ahmad Yani mengaku pindah ke Partai Bulan Bintang (PBB) lantaran merasa sudah tidak memiliki kecocokan dengan partai lamanya itu.

Ia menilai PPP tidak mencerminkan sikap partai Islam yang mengedepankan aspirasi dan spirit Islam dalam berpolitik.

"Itu banyaklah (alasannya), PPP itu kan partai Islam, nah partai Islam itu aspirasinya harus aspirasi Islam, dengan memperjuangkan nilai dan spirit Islam dalam berpolitik, nah itu di daerah-daerah sama," kata Ahmad Yani.

Diposting 20-04-2018.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

M. Romahurmuziy

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Tengah VII

Achmad Baidowi

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Timur XI