Berita Anggota Parlemen

Legislator Minta Pekerja Migran Dimudahkan Peroleh KUR

sumber berita , 06-06-2018

Anggota Komisi XI DPR RI Tutik Kusuma Wardhani meminta Bank Rakyat Indonesia agar memberi kemudahan bagi para pekerja migran untuk mendapatkan modal kerja terutama Kredit Usaha Rakyat (KUR). Karena modal ini penting untuk mengurus sejumlah dokumen dan persyaratan kerja yang dibutuhkan. Saat melakukan kunjungan ke daerah, ia sering kali menerima keluhan seperti ini, sehingga ini perlu diselesaikan.

“Mereka ini (pekerja migran) kesulitan dapat modal. Sepertinya ini ada yang tersumbat, saya sudah pertemukan dengan BP3I. Kemungkinan karena petugas BRI ini tidak memahami persoalan masyarakat bawah,” kata Anggota Komisi XI DPR Tutik Kusuma Wardhani saat RDP dengan Dirut BRI Suprajarta di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (05/6/2018) sore.

Politisi Partai Demokrat ini melanjutkan, pekerja migran ini kebanyakan berasal dari warga miskin. Ratusan ribu calon pekerja migran di Bali terhambat bekerja ke luar negeri karena terkendala pembiayaan. “Karena itu, DPR minta bank penyalur kredit usaha rakyat (KUR) perlu mencari solusi pembiayaan tersebut,” ujarya.

Tutik pun mempertanyakan sulitnya para pekerja migran untuk memperoleh kredit. Padahal dana itu akan digunakan sebagai modal untuk mengurus surat-surat dokumen perjalanan dan persyaratan kerja.

Menjawab persoalan yang disampaikan, Dirut Bank BRI Suprajarta memastikan pihaknya akan mendorong para pekerja migran untuk memperoleh kredit untuk pengurusan dokumen perjalanan. “Sesuai dengan program pemerintah guna mengurangi pengangguran, maka kami akan mencoba memudahkan pekerja migran mendapatkan KUR. Bahkan kita akan bangun fasilitas-fasilitas pelatihan agar skill mereka berkualitas,” tegas Suprajarta.

Jika upaya untuk memudahkan pekerja migran mendapatkan KUR, maka berpotensi mampu menumbuhkan daya saing dan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi. Ini sangat penting di era persaingan pasar bebas seperti sekarang. 

Diposting 08-06-2018.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Tutik Kusuma Wardhani

Anggota DPR-RI 2014
Bali