Berita Anggota Parlemen

Asian Para Games, Momentum Gelorakan Semangat Peduli Disabilitas

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menggelorakan semangat peduli disabilitas. Sebagaimana penyelenggaraan Asian Games yang sukses, masyarakat diminta untuk mendukung penuh pelaksanaan Asian Para Games 2018 dan atlet Indonesia yang akan berlaga. Menurutnya, kehadiran serta dukungan masyarakat dalam setiap arena menjadi suntikan semangat bagi para atlet yang bertanding.

“Kita mendorong pemerintah maupun masyarakat untuk all out, sama seperti Asian Games kemarin, kita mampu menyukseskan Asian Para Games. Mari kita gelorakan semangat peduli disabilitas,” ungkap Bamsoet, sapaan akrabnya, usai torch relay atau pawai obor Asian Para Games di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (30/9/2018). Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, Anggota Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni dan Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari.

Dalam pawai itu, Bamsoet menerima obor Asian Para Games yang dibawa Ketua Komisi X DPR RI Djoko Udjianto dari pintu gerbang utama Kompleks Parlemen, menuju selasar Gedung Nusantara, dengan diiringi Marching Band Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), dan iringan sejumlah komunitas motor gede dan mobil klasik.

Obor Asian Para Games yang telah melewati tujuh kota di Indonesia itu kemudian diserahkan Bamsoet kepada Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang dengan mengucapkan “Gelorakan Semangat Peduli Disabilitas”.  Selanjutnya, Oesman  memberikan api obor kepada atlet Asian Para Games Indonesia Dylan Erlangga, untuk melanjutkan estafet pawai obor ke tempat berikutnya.

Bamsoet menuturkan disabilitas merupakan orang-orang yang memiliki semangat tinggi sebab keterbatasan fisik bukan halangan bagi mereka untuk berprestasi dan mengharumkan nama bangsa. “Ajang ini mengingatkan untuk tidak memandang sebelah mata maupun mendiskriminasi para penyandang disabilitas. Dengan segala kemampuan yang dimiliki, para atlet Asian Para Games telah menunjukan bahwa mereka mampu berkompetisi dan meraih prestasi untuk bangsa dan negara," papar Bamsoet. 

Selain itu, kata legislator Partai Golkar itu, penyelenggaraan pesta olahraga ini juga merupakan momentum bagi Indonesia menuju negara yang ramah disabilitas, sebagaimana amanat dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

“DPR RI sudah membuat UU Penyandang Disabilitas. Ini untuk mewujudkan kehadiran negara dalam memberikan pelayanan dan perlindungan. Sehingga saudara-saudara kita penyandang disabilitas bisa terpenuhi haknya seperti dalam pendidikan, pekerjaan, fasilitas publik, transportasi serta kedudukan yang sama di muka hukum," tegas Bamsoet. 

Legislator dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Kebumen dan Banjarnegara ini optimis Indonesia akan mengulang kesuksesan seperti di Asian Games 2018. Tak hanya sukses dalam penyelenggaraan, tetapi juga sukses meraih prestasi di berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan.

"Prestasi sebagai tuan rumah, supporter, maupun perolehan medali yang sudah diperlihatkan pada Asian Games 2018 harus kita lanjutkan pada Asian Para Games 2018 ini. Jangan mengendurkan semangat dan dukungan. Kita harus tetap menjadi tuan rumah yang baik sekaligus menjadi peraih mendali emas terbanyak," pungkasnya.

Dengan mengusung slogan “The Inspiring Spirit and Energy of Asia”, Asian Para Games akan mempertandingkan 18 cabang olahraga (cabor) yaitu, panahan, atletik, boccia, goal ball, bola voli duduk, bola basket kursi roda, catur, balap sepeda, dan renang. Selain itu, olahraga angkat beban, menembak, judo, tenis meja, ten pin bowling, anggar duduk dan boling lapangan juga akan dipertandingkan. 

Hingga saat ini, INAPGOC mencatat sebanyak 3000 atlet dari 43 negara yang akan turut serta memeriahkan perhelatan olahraga untuk penyandang disabilitas ini. Indonesia sendiri akan mengirimkan 300 atlet-atlet difabel untuk mengisi semua cabang olahraga.

Diposting 01-10-2018.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Fadli Zon

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Barat V

Bambang Soesatyo

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Tengah VII

Oesman Sapta

Anggota DPD-RI 2014
Kalimantan Barat