Berita Anggota Parlemen

Kerasnya Persaingan Dapil Neraka

Nama-nama politikus terkemuka bakal berlaga di Pemilihan Umum Anggota Legislatif (Pileg) 2019. Sejumlah kawasan seolah menjadi daerah pemilihan (dapil) neraka karena mempertemukan sejumlah nama besar untuk memperebutkan kursi Senayan.

Dapil Jawa Timur VII meliputi Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan, dan Ngawi. Daerah ini menjadi tempat bersaing putra Presiden RI ke-6 melawan politikus dan nama-nama potensial baru di 2019. Mereka memperebutkan delapan alokasi kursi DPR.

Putra Presiden ke-6 RI yang akan berebut suara di sini adalah Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas). Dia akan bersaing dengan caleg baru dari PDIP, Johan Budi Sapto Pribowo. Ada pula anggota DPR Budiman Sudjatmiko yang akan berlaga di 'dapil neraka' ini. Plus, ada putri Ketua Umum Partai Perindo, Jessica Herliani Tanoesoedibjo.

Johan Budi yang merupakan juru bicara Presiden Joko Widodo tak mau menyebut dapilnya sebagai dapil neraka. "Nggak ada dapil neraka. Yang penting rakyat di situ memilih sesuai pilihannya," tutur Johan di sela acara pembekalan bacaleg PDIP di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Minggu (5/8/2018) lalu.

Ibas siap bertanding secara sportif di Dapil Jatim VII. "Jadi saya welcome, mari kita bertanding secara fair, sehingga kita mendapatkan wakil rakyat yang benar-benar amanah, peduli, dan memberikan solusi," kata Ibas saat di Trenggalek, Senin (13/8/2018) lalu.

Pada 2014, Ibas meraup mayoritas suara untuk dapil Jatim VII. Dia mendapatkan 243.747 suara. Saat itu, PDIP hanya berhasil mendapatkan jatah satu kursi di DPR dari dapil Jatim VII dengan perolehan 77.100 suara.

Dapil DKI III juga menjadi 'dapil neraka'. Dapil DKI III meliputi Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Kepulauan Seribu. Politikus kawakan Ibu Kota, Abraham Lunggana (Lulung), maju lewat dapil ini dari PAN. Lulung ditempatkan di nomor urut 1. 

Grace Natalie menjadi pendatang baru yang maju lewat Dapil DKI III. Ketua Umum PSI itu mendapat urut 5.

Satu lagi politikus perempuan, yakni Rahayu Saraswati dari Partai Gerindra, yang maju lewat Dapil DKI III. Keponakan Prabowo Subianto ini sebelumnya menjadi anggota DPR dari Dapil Jateng IV, namun kini dia menggantikan kakaknya, Aryo Djojohadikusumo, yang tak lagi maju menjadi caleg.

Masih ada satu lagi yang mengisi pertarungan di Dapil DKI III, yakni politikus senior Yursil Ihza Mahendra. Ketua Umum PBB ini ada di nomor urut 1. Sederet nama anggota dewan lain juga maju lagi lewat Dapil DKI III, antara lain Charles Honoris (PDIP), Effendi Simbolon (PDIP), dan Ahmad Sahroni (NasDem).

Dapil Jawa Tengah VII juga menjadi dapil neraka. Dapil ini meliputi Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen. 

Dapil ini menjadi arena pertarungan Pimpinan DPR. Tiga Pimpinan DPR bertarung supaya berhasil lagi duduk di Senayan. 

Ketua DPR dari Partai Golkar Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR dari PAN Taufik Kurniawan, dan Wakil Ketua DPR dari PDIP Utut Adianto akan bersaing memperebutkan suara rakyat Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen.

Diposting 29-01-2019.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Aryo P S Djojohadikusumo

Anggota DPR-RI 2014
DKI Jakarta III

Efendi Muara Sakti Simbolon

Anggota DPR-RI 2019-2024
DKI Jakarta 3

Charles Honoris

Anggota DPR-RI 2019-2024
DKI Jakarta 3

Yusril Ihza Mahendra

Caleg DPR-RI 2019-2024
DKI Jakarta 3

R. Saraswati D. Djojohadikusumo

Caleg DPR-RI 2019-2024
DKI Jakarta 3