Komentari
Berita Anggota Parlemen

Pengacara Haposan Paulus Batubara Siap Maju di Pileg 2019

Pengacara Haposan Paulus Batubara memutuskan siap maju sebagai calon legislatif pusat asal daerah pemilihan DKI Jakarta II mencakup Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Luar Negeri lewat Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Ketua Bidang Komunikasi dan Publikasi PP GEKIRA dan juga Ketua DPP Partai Gerindra Bidang Agama Katolik ini adalah kader Partai Gerindra.

"Saya sangat mengenal partai ini. Sampai akhirnya sekarang saya terjun ke politik. Saya masuk ke Partai Gerindra tahun 2012 sampai sekarang," kata Haposan di Jakarta, Senin (02/7/2018).

Haposan mengatakan, ia siap mengemban amanah sebagai wakil rakyat di DPR-RI. Dia merasa bekal politiknya sudah cukup untuk melangkah ke Senayan ditambah lagi pengalamannya di bidang pengacara dan organisasi.

"Saya sekarang menjabat Ketua DPP Partai Gerindra Bidang Agama Katolik dan Ketua PP Gerakan Kristiani Indonesia Raya (GEKIRA) Bidang Humas dan Publikasi. Saya jadi pengacara selama puluhan tahun hingga sekarang," kata pria ramah dan suka senyum ini.

Menurut Haposan, keputusannya untuk maju sebagai caleg juga karena dorongan keluarga, teman-teman kader di tubuh Partai Gerindra dan masyarakat. Jika nantinya terpilih sebagai anggota DPR periode 2019-2024, Haposan siap ditempatkan di komisi manapun oleh Fraksi Partai Gerindra.

Sekilas Tentang Haposan

Haposan Paulus Batubara lahir di Jakarta, 6 Oktober 1960, telah menikah dengan Yohana Ninik Hidayati dan memiliki empat orang anak. Saat ini Haposan berdomilisi di Jalan Gandaria 2 No. 11, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pria beragama Katolik ini menamatkan pendidikan dasar di Sekolah Dasar (SD) Katolik Tarsisius Jakarta, kemudian melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Katolik Strada dan SMP Pax, Jakarta pada tahun 1972 hingga 1975. Setelah itu, dia sekolah di SMA St. Theresia, Jakarta dan tamat tahun 1979.

Haposan kemudian menyelesaikan pendidikan tinggi di Fakultas Hukum Universitas Trisakti, Jakarta dan tamat tahun 1984.

Selama menjadi mahasiswa, Haposan pernah duduk sebagai anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM ) Fakultas Hukum Universitas Trisakti.

Sejak tahun 1983, Haposan mulai bekerja sebagai Asisten Advokat di Tutorlaw Officer; Advokat dan Pengacara di Otto Hasibuan & Partners; Direktur Operasi di Sungai Budi Group;  Direktur Marketing di PT Mitra Meugah Bestari.

Profesi advokat tersebut dia jalani hingga tahun 2012 sampai sekarang tercatat bekerja sebagai Advokat di Kantor Pengacara APARANG-BATUBARA & Partners. Selama menjadi advokat atau pengacara, Haposan telah menangani berbagai kasus.

Di organisasi advokat, sejak tahun 1985, dia sudah mulai aktif sebagai anggota Persatuan Advokat Indonesia (PERADI); Sekretaris Jenderal DPP Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (PERPADI); Ketua Bidang Perencanaan DPN Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba dan Tawuran (GAPENTA); Anggota DPD Komite Sepeda Indonesia (KSI) DKI Jakarta.

Sementara di bidang keagamaan, Haposan sampai sekarang aktif sebagai Anggota Persatuan Doa Usahawan dan Pengusaha Katolik Indonesia (PERDUKI); Wakil Ketua Bidang Sosial IKKSU; Pengurus Ikatan Keluarga Katolik Sumatera Utara (IKKSU) Paroki Blok B, Jakarta; Wakil Ketua Umum VOX Point Indonesia; Ketua Lingkungan Romo Sanjoyo Wilayah I Paroki St. Yohanes Penginjil Blok B, Jakarta Selatan, di samping sebagai Prodiakon di Paroki Blok B.

Haposan juga banyak menoreh pendidikan non formal dan kursus seperti kursus asisten advokat; pernah mengikuti pendidikan dan pelatihan manajemen oleh IPPM Jakarta; pernah mengikuti pelatihan manajemen dan latihan kepemimpinan oleh Kadin DKI Jakarta; pernah mengikuti rekoleksi politik (Rekpol) yang diselenggarakan Vox Point Indonesia. Vox Point Indonesia  atau sering disingkat VPI merupakan sebuah perhimpunan para awam Katolik yang peduli soal-soal sosial politik dan kemasyarakatan.

Haposan juga pernah mengikuti Penataran P-4 Tingkat Pusat di BP 7 angkatan ke 15 dan saat ini juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Hubungan dan Kerja Sama Antara Lembaga Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN PERADI).

Diposting 12-02-2019.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Haposan Paulus Batubara

Caleg DPR-RI 2019
DKI Jakarta 2