Komentari
Berita Anggota Parlemen

Vasco Ruseimy, Nafas Panjang Orde Baru dari Caleg Partai Berkarya

Mengembalikan program-program Orde Baru menjadi keinginan Vasco Ruseimy, caleg dari Partai Berkarya. Menurutnya rezim Orde Baru mempunyai kelebihannya sendiri.

Vasco yang tahun ini berusia sama dengan lamanya kepemimpinan Soeharto, 32 tahun, memberanikan diri untuk maju kedua kalinya dalam bursa legislatif dengan daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta II. Tahun 2009 merupakan kali pertama Vasco maju sebagai calon legislatif, yang saat itu masih diusung oleh partai Golongan Karya atau Golkar.

Ia mengaku keterlibatannya dalam dunia politik terinspirasi dari sosok Soeharto dan keluarganya, keluarga Cendana. Itu pula alasannya mengapa akhirnya ia memutuskan untuk hengkang dari Golkar dan pindah ke Berkarya. “Ada partai yang langsung turun dari trah pak Harto, ya saya pindah,” ujar Vasco saat ditemui di kantornya, Jalan Brawijaya IX, Jakarta Selatan, Rabu, 15 Agustus 2018.

Kekagumannya pada sosok Soeharto ini yang akhirnya menggerakkannya untuk menyaring dan membangkitkan program-program Orde Baru yang ia nilai baik dan berdampak besar bagi negara. Kekaguman Vasco pada Soeharto didasari oleh negara yang dianggap stabil pada era tersebut.

“Jangan mentang-mentang namanya Orde Baru, jadi semua (programnya) digunting. Kita pernah dijuluki Macan Asia, lho. Swasembada pangan pun terjadi,” kata pria yang kini menjabat sebagai ketua DPP Partai Berkarya.

Stabilitas yang dirasakan Vasco merujuk pada kegiatan ekspor impor bahan pangan negara. Menurutnya, dulu Indonesia berhasil mengekspor beras, sedangkan sekarang sebaliknya, beras impor. Selain itu harga bahan pokok sejak era reformasi ia nilai jauh lebih mahal dibandingkan dengan era orde baru yang ia rasakan dulu.

Sebagai ketua DPP Partai Berkarya Vasco mengatakan, ia bertanggung jawab untuk mengkampanyekan era Orde Baru agar bisa diterima kembali oleh masyarakat sekarang. Langkah yang akan ia ambil nanti bila terpilih menjadi legislator, adalah untuk mendorong pemerintah untuk menengok kembali program Orde Baru yang memiliki nilai baik dan bisa diadopsi oleh pemerintah era ini.

“Enak zaman pak Harto kok sebenarnya. Hidup kita lebih tenang, BBM murah, sandang pangan murah, ketersediaan lapangan pekerjaan pun lebih mudah,” kata Vasco.

Diposting 27-02-2019.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Vasko Ruseimy

Caleg DPR-RI 2019
DKI Jakarta 2