Komentari
Berita Anggota Parlemen

HNW: Saya Sudah Memberikan Maaf pada Tribun yang Salah Beritakan tentang Jan Ethes

Wakil Ketua Dewan Syuro PKS Hidayat Nur Wahid mengatakan sudah menerima permintaan maaf Tribunnews karena telah menafsirkan cuitannya di Twitter soal cucu Presien Jokowi, Jan Ethes.

Pemberian maaf dan penyelesaian secara damai tersebut terjadi setelah jajaran redaksi Tribunnews menyambangi Hidayat Nur Wahid di kantornya, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, (28/2/2019).

"Mereka mengakui kesalahan itu dan meminta maaf sebesar besarnya dan berkomitmen untuk tidak mengulangi hal yang sama, jadi dengan demikian clear bahwa informasi (laporkan Jan Ethes) ke Bawaslu tidak benar. Tribun yang menulis sudah mengaku salah dan minta maaf. Kenapa kami Konpers karena berita itu sudah menyebar dan dikomentari liar, dan kami sudah memberi maaf," kata Hidayat Nur Wahid.

Mantan Presiden PKS itu mengaku merasa tercederai dengan pemberitaan yang salah tersebut.

Ia tidak merasa mengatakan atau menuliskan cuitan bahwa akan melaporkan cucu Presiden Jokowi, Jan Ethes ke Bawaslu'.

Akibat pemberitaan tersebut, Hidayat mengaku dibuly bahkan berita itu direspon oleh banyak orang termasuk Jokowi dan tim suksesnya di Pemilu Presiden.

"Kalau hanya buly sih saya sudah biasa karena saya sudah biasa makan nasi kebuli. Namun, karena ini melibatkan petinggi partai, profesor, seniman, pak Jokowi juga mengomentari misalnya 'masa saya engga boleh main bom bomkar dengan cucu saya'. Beliau komentar itu karena judul yang ditampilkan secara tidak profesional dan benar karena dampaknya secara meluas," katanya.

Hidayat yang juga menjabat Wakil Ketua MPR juga menjelaskan bahwa permasalahannya tersebut sudah diselesaikan juga di Dewan Pers.

Hasil mediasi dengan Dewan Pers, dinyatakan bahwa Tribun salah telah memuat berita itu.

"Tribunnews melakukan kesalahan dan Tribun diwajibkan menyampaikan permintaan maaf dan Tribun sudah menyampaikan itu dan menyampaikan surat resminya yang disampaikan kepada saya," kata Hidayat Nur Wahid.

Kuasa hukum Hidayat Nur Wahid, Indra bahwa Tribun sudah menyampaikan hak jawab, mengunggah surat permintaan maaf dan risalah penyelesaian di Dewan Pers, dan telah bersilahturahmi untuk meminta maaf, maka kasus tersebut dinyatakan selesai.

"Karena dengan kenegarawanan Pak HNW yang tidak mau ini menjadi tidak produktif. Selama poin poin di risalah dewan pers dipenuhi maka ini selesai," katanya.

Kasus dengan Tribun tersebut menurut Indra menjadi warning bagi pihak-pihak yang menduplikasi pemberitaan HNW soal Jan Ehtes, untuk segera menghentikannya.

Ia tidak menampik bahwa di tahun politik seperti sekarang ini ada pihak yang menggunakan pemberitaan salah Tribun soal HNW untuk kepentingan politik.

"Sekaligus ini warning kalau ada duplikasi serupa dan meme meme kalau itu diteruskan akan kami sikapi," pungkasnya.

 

Diposting 01-03-2019.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

M. Hidayat Nur wahid

Anggota DPR-RI 2014
DKI Jakarta II