Komentari
Berita Anggota Parlemen

Mengenal Davin Kirana? Caleg Nasdem yang Namanya Sudah Tercoblos di Surat Suara Malaysia

sumber berita , 12-04-2019

Nama Davin Kirana menjadi perbincangan sejak kemarin. Nama Davin Kirana pertama mencuat setelah adanya video yang viral soal surat suara di Malaysia

Namanya diduga dalam surat suara di Malaysia yang sudah tercoblos. Sebelumnya akun Faceook Media Informasi Prabowo memposting video penggerebekan surat suara tercoblos.

Seorang pria menemukan sejumlah plastik dan karung yang berisi surat suara yang diduga sudah tercoblos di Selangor, Malaysia.

Surat suara tersebut berada di sebuah ruko kosong di Bandar Baru Bangi Selangor, Malaysia.

Surat suara yang ditemukan sudah tercoblos untuk calon Presiden nomor urut 01 Jokowi-Maruf Amin.

Tak hanya presiden, surat suara juga sudah tercoblos untuk satu caleg dari Partai Nasdem nomor urut 02 itu.

"Kita sudah melakukan penggerebekan di Bandar Baru Bangi di Universiti tempatnya. Barang-barang sudah dicoblos. Di Malaysia selangor. Sudah dicoblos 01, Partai Nasdem nomor 5, calegnya nomor urut 3 namanya Ahmad," kata pria di video.

Pria itu meminta KPU untuk segera membatalkan urusan tentang DPL Malaysia.

"Kami harap KPU Indonesia membatalkan semua urusan tentang DPL Malaysia dari hari ini sampai tgl 14. Kalau tidak kami akan duduki KBRI," lanjutnya.

Dia mengatakan ada sekitar 57 kantong hitam di tempat tersebut.

"Ada sekitar 57 kantong hitam. Di kedai kosong di Bandar Baru Bangi, Taman Universiti Bangi, Selangor, Malaysia," tukasnya.

Reaksi KPU

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, KPU tengah mengonfirmasi peristiwa tersebut.

"Kami sedang mengonfirmasi apa yang sedang terjadi dan meminta pihak PPLN untuk mengecek terlebih dahulu. Jadi tunggu konfirmasi KPU," kata Ilham saat dikonfirmasi, Kamis (11/4/2019).

Ia menambahkan belum bisa mengambil langkah karena belum mengetahui kronologi insiden itu.

"Kami pecat sesuai dengan temuan-temuan dan kami kemudian serahkan kepada DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) gitu. Atau kita menunggu rekomendasi Bawaslu terkait kejadian tersebut," ujar Ilham.

Sikap Nasdem

DPP Partai Nasdem menyatakan tengah mencari tahu kebenaran video pencoblosan surat suara di Malaysia atas sejumlah calegnya, yang viral di media sosial.

"Kami juga baru mendengar informasinya, dan kami sedang mencari informasi lebih dalam apa yang sedang terjadi," kata Ketua DPP Nasdem Willy Aditya dihubungi di Jakarta, Kamis (11/4/2019), seperti dikutip Antara.

Willy mengatakan Nasdem menjunjung tinggi prinsip-prinsip jujur dan adil dalam pemilu. Nasdem telah mengutus Ketua Nasdem di Malaysia, yakni Teuku Adnan untuk meninjau lokasi video itu diambil.

Lalu siapa Davin Kirana?

Davin Kirana merupakan pria berusia 22 tahun

Davin Kirana adalah anak sulung dari bos Lion Air, Rusdi Kirana

Davin Kirana memilih karirnya sendiri untuk menjadi caleg DPR dari Partai Nasdem untuk Dapil Jakarta II yang meliputi Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu

"Kayaknya iya, sih, itu putranya Pak Rusdi Kirana," kata Sekjen Partai Nasdem Johny F Plate seperti dikutip dari Warta Kota.

Menurut Johnny, Davin Kirana merupakan generasi milenial.

"Ya politisi kan siapa saja boleh asal memenuhi syarat. Kalau lihat di CV sepertinya iya anaknya Pak Rusdi. Kan ini generasi milenial, ya,"ucapnya.

Pada 18 Mei 2017 lalu, Rusdi Kirana resmi dilantik menjadi Duta Besar RI untuk Malaysia di Istana Negara.

Dilansir dari laman Kompas.com (18/05/2017), setelah ditunjuk Jokowi dan menjalani serangkaian uji kepatutan dan kelayakan di DPR, Rusdi dilantik sebagai Duta Besar RI pada Kamis (18/5/2017).

Davin Kirana kerap ikut serta ayahnya di berbagai acara resmi kenegaraan di Malaysia.

Meski bersal dari keluarga tajir melintir, Davin Kirana tak sungkan untuk berbaur dengan masyarakat terutama TKI yang ada di Malaysia dalam berbagai kesempatan.

 

Diposting 12-04-2019.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Davin Kirana

Caleg DPR-RI 2019
DKI Jakarta 2