Arief Patramijaya

Arief Patramijaya, S.H., LL.M

Link:  JariUngu.com/
Caleg DPR-RI periode 2019-2024 Partai: Hanura, Dapil: DKI Jakarta 2 ... (meliputi Dapil Luar Negeri dan Kodya Jakarta Pusat, dan Kodya Jakarta Selatan)
No. Urut: 3

Profilnya

Domisili:
KOTA TANGERANG SELATAN
Tempat / tgl. lahir:
/
Pekerjaan:
Pendidikan:

Visi Misinya

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera bagi kita semuanya,

Om Swastiastu,

Namo Buddhaya,

Salam kebajikan.

 

Perkenankan Saya dengan kerendahan hati, menyampaikan visi dan misi Saya menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, periode 2019 - 2024.

Saya Arief Patramijaya alias Patra M Zen, Calon Legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Daerah Pemilihan (Dapil) DKI 2 Nomor Urut 3. Di Partai Hanura, Saya dipercaya sebagai salah seorang Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Bantuan Hukum dan Koodinator Advokasi dan Pembelaan Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu).

Sebelum menguraikan Visi dan Misi, perkenankan Saya mengenalkan diri, agar ibu bapak, abang kakak, dan semua masyarakat Pemilih yang mempunyai hak suara mempunyai gambaran yang jelas mengapa saya sampai pada visi dan misi yang akan saya uraikan selanjutnya.

Sejak mahasiswa selain gerakan kemahasiswaan ‘98, saya sudah aktif dalam membantu orang miskin melalui pengadian di Lembaga Bantuan Hukum (LBH): LBH Palembang, LBH Banda Aceh dan LBH Jakarta. Saya adalah Ketua Yayasan LBH Indonesia (YLBHI) ke-6 periode 2006 – 2010, berkantor di Jalan Diponegoro 74 Jakarta.

Menjadi anggota parlemen merupakan salah satu cara untuk mewujudkan gagasan, dan upaya untuk melanjutkan langkah yang sudah saya mulai sejak mahasiswa dan selama mengabdi di LBH. LBH adalah sebuah organisasi nirlaba, yang memberikan bantuan hukum cuma-cuma sejak tahun 1970, didirikan antara lain oleh Dr. Iur Adnan Buyung Nasution, dengan dukungan Yap Thiam Hien, Suardi Tasrif, Letnan Jenderal KKO (Purn) Ali Sadikin (Gubernur DKI Jakarta), Lukman Wiryadinata (Menteri Kehakiman), PK Ojong, Mochtar Lubis (Jurnalis) dan Prof Paul Moedikdo Mulyono.

Selama 15 tahun di LBH saya berkesempatan menimba ilmu dari banyak advokat senior, pejabat pemerintahan dan militer, jurnalis, politisi dan akademisi.

Saya pernah menjadi peserta International Visitor Leadership Program di Amerika Serikat https://exchanges.state.gov/non-us/program/international-visitor-leadership-program-ivlp, JENESYS (Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths) di Jepang http://sv2.jice.org/jenesys/e/about-jenesys/about-program/ serta IDEAS 2.0 (Innovative, Dynamic, Education and Action for Sustainability) Program yang diselenggarakan oleh United in Diversity, MIT Sloan School of Management, Society of Organizational Learning and the Presencing Institute http://ideas.unitedindiversity.org/welcome/en

Saya juga sempat mengikuti political course di University of Birmingham dan the Civil Service College, London, Inggris. Pernah menjadi anggota Executive The Asian Forum for Human Rights and Development (Forum-Asia), sebuah jaringan 67 lembaga demokrasi, hak asasi manusia dan pembangunan di 21 negara Asia. https://www.forum-asia.org/?page_id=21481

 Saya adalah Ketua Komite Bantuan Hukum DPN Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi). Selain itu saya, bersama Jakob Utama (Kompas Group) dan Kartini Nurdin (Yayasan Obor Indonesia) saya terlibat dalam pembentukan Yayasan Reproduksi Cipta Indonesia (YRCI), sebuah lembaga yang bertujuan melindungi dan mempromosikan karya cipta, baik di dalam maupun luar negeri, serta menghimpun royalti para Pencipta atau Pemegang hak cipta.

Saya maju di Dapil dimana saya lahir dan besar, Jakarta Selatan. Saya adalah alumni SDN 04 Pagi (1980 - 1986) Rawa Bambu, alumni SMPN 41 Ragunan (1990) dan alumni SMAN 38 Lenteng Agung (1993). Pengalaman saya kuliah di Inggris, sedikit banyak memberikan saya kehidupan Diaspora Indonesia yang saat ini hidup, bekerja atau belajar di luar negeri.

Saya lahir dari keluarga pekerja. Mirhan Zen (almarhum) berasal dari Pandan Enim , menikah dengan Hj Siti Afiah kelahiran Tanjung Agung, Muara Enim, Sumatera Selatan. Keduanya merantau ke ibukota Jakarta pada awal 1970-an.Sewaktu muda, ayah bekerja sebagai kondektur bus Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD), sedangkan ibu membantu ayah berjualan kue basah dengan berjalan kaki keliling perumahan dan kampung.

Walau miskin, kedua orang tua saya menginginkan semua anaknya bisa sekolah setinggi-tingginya. Alhamdulillah, keempat anaknya bisa menamatkan pendidikan tinggi. Ketiga adik saya, Sarjana Ilmu Komputer, Sarjana Teknik Elektro Universitas Indonesia, Sarjana Hukum Universitas Lampung.

Sedangkan Saya, anak pertama, menamatkan Sarjana Hukum di Universitas Sriwijaya (1998). Sewatu masih menjadi mahasiswa Saya mengasah hikmat dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan menjadi Koordinator Forum Komunikasi Mahasiwa untuk Rakyat Sumatera Selatan.

Selesai S1 saya mendapat beasiswa Chevening Award untuk melanjutkan studi Hukum Internasional Hak Asasi Manusia di University of Essex, Inggris (2001/2002). Dan saat ini mendapat beasiswa penuh, tengah sedang menamatkan S3 ilmu hukum di Universitas Krisnadwipayana.

Saya maju bertarung menjadi anggota DPR RI dengan membawa 3 (tiga) gagasan utama: (1) memperjuangkan hak atas pendidikan tinggi untuk semua; (2) meningkatkan akses keadilan bagi masyarakat miskin, papa, marjinal dan terlupakan, serta; (3) pemenuhan hak asasi pekerja/buruh migran dan keluarganya.

Anggota parlemen semestinya menjalankan fungsinya sebagai wakil rakyat dan karenanya harus mendukung gagasan yang bermanfaat untuk rakyat yang diwakilinya

Misi saya adalah menjadi anggota parlemen yang genuine mewakili 3 (tiga) kelompok utama: (1) masyarakat miskin, papa, marjinal dan terlupakan; (2) anak-anak muda dan pemilih Pemula; dan (3) pekerja migran Indonesia dan keluarganya. Sementara, fokus kebijakan yang akan Saya perjuangkan adalah melindungi dan memenuhi hak asasi warga negara baik di tanah air dan di belahan dunia manapun, meningkatkan aspek kehidupan sosial dan taraf ekonomi masyarakat di Dapil DKI 2, serta mendorong hak atas pendidikan tinggi menjadi bagian dari kewajiban Negara.

Kesemuanya mesti dilakukan agar Negara ini dapat maju dan berkembang dengan kekuatannya sendiri. Saya percaya bahwa rakyat adalah sumber kekuatan Negara, dan karenanya rakyat harus difasilitasi dan dilindungi hak-haknya untuk mencapai keadilan sosial dan kemandirian ekonomi.

Sekali lagi Saya tegaskan, Ide Saya sepenuhnya, diletakkan pada komitmen dan didedikasikan untuk: (i) masyarakat miskin dan terpingirkan; (ii) buruh dan pekerja migran, serta (iii) anak-anak muda selaku sumber daya berkelanjutan (sustainable resources) Negara ini.

Gagasan saya diatas, adalah ide yang nyata. Namun sekarang masih diatas awan dan hanya bisa dibumikan dan diwujudkan dengan dukungan suara Anda.

Saya percaya:

* Masyarakat miskin dan marjinal mempunyai hak dan kebebasan yang sama;

* Buruh migran adalah pahlawan devisa;

* Anak muda adalah kaca cermin masa depan bangsa.

Pengalaman hidup saya mengajarkan, pendidikan tinggi merupakan jalan bagi masyarakat kebanyakan, untuk dapat mengalahkan nasib. Dengan pendidikan, akar yang terendam dapat dicabut. Kemiskinan dapat ditinggalkan.

Cara yang paling mudah untuk belajar adalah bersekolah atau kuliah. Dengan kuliah, mahasiswa berkesempatan melihat, merasakan dan mendapat wawasan (exposure). Sebuah pengalaman, tidak dapat kita beli di toko atau mall manapun.

Sehari-hari saya berprofesi sebagai advokat, kurator dan pengurus. Saya tercatat sebagai sebagai salah seorang Advokat yang pernah menangani perkara dengan nilai ganti rugi tertinggi sepanjang sejarah peradilan di Indonesia. Saya pernah menjadi Koordinator Tim Kuasa Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, yang berhasil memenangkan perkara gugatan kerusakan lingkungan hidup, dengan nilai gugatan hingga belasan trilyun Rupiah.

Pengadilan Indonesia telah memutus beberapa perkara kerusakan lingkungan dan kebakaran hutan. Dua diantaranya, telah dimenangkan ditingkat Kasasi oleh Mahkamah Agung RI yakni perkara gugatan lingkungan terhadap PT Merbau Pelalawan Lestari dan  PT National Sago Prima dengan nilai gugatan masing-masing Rp 16,2 Trilyun dan Rp 1,07 trilyun.

Saya pernah menjadi Ketua Tim Perumus RUU Bantuan Hukum yang saat ini telah ditetapkan menjadi UU 16 Tahun 2011. https://nasional.tempo.co/read/278764/pekan-depan-ruu-bantuan-hukum-diserahkan-ke-dpr

Saya beristrikan perempuan berdarah Sunda dan Padang, dan dikaruniai 5 (lima) orang anak (2 putri dan 3 putra), termasuk anak kembar laki-laki. Putri pertama saya saat ini sedang kuliah di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, sedang adik-adiknya bersekolah di HighScope Indonesia.

Saya amat berharap kepada semua pemegang hak suara di Dapil DKI 2 melalui situs jariungu.com ini, Anda dapat mengenal saya, bukan hanya sebagai Caleg, melainkan juga sebagai seorang petarung yang ingin bekerja bersama-sama Anda untuk Indonesia Maju.

Selama umur saya, saya banyak dibantu oleh keluarga, saudara, senior, mentor dan sahabat. Tanpa doa, bantuan dan topangan kerjasama dari mereka semua, saya bukan siapa-siapa. Tanpa Anda mencoblos Saya di Bilik Suara pada 8 - 14 April 2019 (Luar Negeri) dan 17 April 2019, saya tidak akan sampai ke Senayan.

Saya penuh pengharapan kepada  Anda semua untuk bisa menyatukan hati pada Pemilu Legislatif, mengambil Surat Suara Warna Kuning (DPR RI) lalu fokus ke Pojok Kiri Bawah (Nomor 13 Partai Hanura) dan mencoblos Nomor Urut 3 Arief Patramijaya SH LLM.

Bisa jadi Saya tidak lebih Hebat, lebih Pandai, atau lebih populer ketimbang Caleg lain. Namun InsyaAllah saya lebih bermanfaat buat Bung dan masyarakat.

 #TakKenalMakaTakNyoblos.

Terlalu singkat halaman situs ini, karenanya Perkenankan saya menginformasikan media sosial dan nomor kontak Saya agar ibu bapak abang kakak, anak-anak Muda dan Anda semua dapat mengenal lebih dalam Arief Patramijaya:

Youtube: @ariefpatramijaya

Facebook: @ariefpatramijaya

Instagram: @patramzen

Twitter: @patramzen

Whatsapp: 08164825377

Saya telah menulis puluhan buku, artikel dan opini di surat kabar yang bisa anda lihat daftarnya di akun instagram saya. Lebih komplit tentang pengalaman, jejak langkah, karya tulisan, juga visi dan misi, bisa Bung ikuti (follow) dan lihat di "Highlight" Instagram @patramzen.

Semoga kita semua diberi kemudahan, kesehatan dan senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Jakarta, 19 Maret 2019

Hormat saya,

Arief Patramijaya (Patra M Zen)

more...

Latar Belakangnya

Arief Patramijaya SH LLM lebih dikenal dengan sapaan Patra M Zen

Lahir di Jakarta, 28 Agustus 1975.

Menikah dengan Lidia Ariyanti SE dan dikaruniai 5 orang anak (2 putri dan 3 putra).

Jabatan di Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura):

  • Ketua Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Bantuan Hukum Partai Hati Nurani Rakyat (2018 - Sekarang);
  • Koordinator Advokasi dan Pembelaan Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Hanura (2018 - Sekarang).

Pengalaman di Organisasi Profesi dan Organisasi Masyarakat Sipil:

  • Ketua Komite Bantuan Hukum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI);
  • Wakil Ketua Bidang Advokasi Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI);
  • Pengurus Perkumpulan Reproduksi Cipta Indonesia (PRCI);
  • Executive Committe The Asian Forum for Human Rights and Development (Forum-Asia), Bangkok Thailand.

Pekerjaan:

  • Advokat, Kurator dan Pengurus, Dosen dan Penulis;
  • Advokat dan Konsultan Hukum Patra M Zen &  Partners;
  • Ketua Badan Pengurus Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) periode 2006 - 2010;
  • Pembela Umum LBH Jakarta
  • Pembela Umum LBH Banda Aceh
  • Pembela Umum LBH Palembang.

Pendidikan:

  • SD Negeri 04 Pasar Minggu Jakarta (1980 - 1986);
  • SMP Negeri 41 Ragunan Jakarta (1986 - 1990);
  • SMA Negeri 38 Lenteng Agung Jakarta (1990 - 1993);
  • Sarjana Hukum Universitas Sriwijaya Palembang (1993 - 1998);
  • Magister Hukum LLM in International Human Rights Law University of Essex, Inggris (2001/2002)
  • Sedang menamatkan studi S3 Ilmu Hukum di Universitas Krisnadwipayana Jakarta.

Organisasi Kemahasiswaan:

  • Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Palembang;
  • Forum Mahasiswa untuk Kedaulatan Rakyat Sumatera Selatan.


Beasiswa dan Pendidikan Lainnya:

  • Penerima beasiswa the Chevening Award;
  • Peserta International Visitor Leadership Program di Amerika Serikat di Amerika Serikat;
  • Peserta Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths (JENESYS) di Jepang;
  • Peserta IDEAS 2.0 (Innovative, Dynamic, Education and Action for Sustainability),  United in Diversity, MIT Sloan School of Management (Boston), Society of Organizational Learning and the Presencing Institute di Indonesia dan Amerika Serikat
  • Political Course di University of Birmingham dan the Civil Service College, London, Inggris.

Penulis dan editor buku dengan tema pembangunan, demokrasi dan hak asasi manusia serta penulis artikel di media cetak dan jurnal ilmiah.


Jakarta, 20 Maret 2019

more...

Videonya

Anda Caleg? Ada Video kegiatan yang ingin dipublikasikan ke rakyatmu? Klik di sini untuk caranya...