Berita Anggota Parlemen

Jemaah Indonesia Diizinkan Umrah Bukti Protokol Kesehatan Baik

Indonesia masuk daftar negara yang diizinkan mengirim jemaah umrah ke Arab Saudi sejak awal November lalu.  Keberhasilan ini menjadi bukti keberhasilan penerapan protokol kesehatan di Indonesia. 

"Bisa kita simpulkan selama pandemi menjadi bukti kemampuan kita beradaptasi,” kata Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dalam keterangan tertulis, Kamis (12/11).   

Azis menuturkan masuknya Indonesia dalam daftar merupakan angin segar bagi umat muslim. Dia berharap calon jemaah umrah mengikuti seluruh ketentuan, terutama penerapan protokol kesehatan di Indonesia dan Arab Saudi. 

Menurut Azis, ketentuan pelaksanaan umrah di tengah pandemi perlu dilakukan secara masif. Dengan demikian, jemaah asal Indonesia yang akan menunaikan ibadah umrah dapat memenuhi syarat dari Pemerintah Arab Saudi.   

"Saya yakin Kemenag telah mengidentifikasi permasalahan sekaligus rumusan mitigasi dalam Pelaksanaan Ibadah Umrah dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK)," kata dia.   

Azis juga meminta pemerintah dan penyelenggara menyusun rencana pemberangkatan jemaah yang mengalami penundaan ibadah umrah untuk mengantisipasi kegelisahan jemaah yang sebelumnya gagal berangkat.

"Kemenag harus mampu memberikan kepastian keberangkatan ke Saudi sejalan dengan komunikasi yang dilakukan dengan biro travel umrah yang ditunjuk,” ujar dia.

Diposting 13-11-2020.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Azis Syamsuddin

Anggota DPR-RI 2019-2024
Lampung 2