Berita Anggota Parlemen

Komisi I Dukung Langkah Pemerintah Siapkan Kebijakan Pendukung Jaringan 5G

Komisi I DPR mendukung langkah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam menyiapkan kebijakan pendukung jaringan 5G secara komprehensif. 

Kebijakan tersebut menyangkut aspek regulasi, spektrum frekuesi, infrastruktur, aspek perangkat ekosistem dan talenta digital. 

Hal ini merupakan salah satu kesimpulan rapat kerja dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate yang membahas tata kelola 5G, Rabu (7/4/2021). 

"Sehingga teknologi 5G mampu memberikan manfaat optimal kepada masyarakat dan menumbuhkan sektor ekonomi digital di Indonesia," kata Wakil Ketua Komisi I Bambang Kristiono saat membacakan kesimpulan rapat. 

Selain itu, Komisi I juga meminta pemerintah menganalisis penerapan teknologi 5G untuk meminimalisasi dampak negatif. 

Kemudian, Komisi I menekankan agar tata kelola 5G mampu menciptakan peluang potensi dalam negeri secara optimal. 

"Kominfo juga harus bersinergi dengan program percepatan transformasi digital dan menyiapkan roadmap digitalisasi dan pelaksanaan migrasi ASO tepat waktu pada November 2022," ujarnya. 

Selanjutnya, Kemenkominfo diminta meneruskan kerja sama dengan pemerintah daerah (pemda), sektor industri, serta berbagai pihak terkait teknologi 5G sehingga tercipta sinergitas. 

Sejalan dengan hal tersebut, kata Bambang, pemerintah perlu menjalankan program literasi digital secara berkesinambungan. Menurut Bambang, literasi digital diperlukan agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi dengan baik. 

Sementara itu, Menkominfo Johnny G Plate menekankan soal sinergi antara pemerintah dan Komisi I dalam mempersiapkan teknologi 5G di Indonesia. 

Johnny mengatakan pihaknya tak bisa bekerja sendirian. 

Ia pun mengajak Komisi I dalam hal literasi atau edukasi digital kepada masyarakat. 

"Kerja bersama-sama ini penting, bangsa kita bangsa besar. 

Bangsa kita penduduknya jumlahnya banyak, dan menjadi tugas kita bersama untuk mengajak mereka on boarding digital," kata Johnny.

Diposting 08-04-2021.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Bambang Kristiono

Anggota DPR-RI 2019-2024
Nusa Tenggara Barat 2