Berita Anggota Parlemen

DPR Minta Pemerintah Harus Memanfaatkan Kembalinya TKI Untuk Kemajuan Desa Masing-masing

Anggota Komisi IX DPR RI Nabil Haroen mengatakan kalau gelombang besar pulangnya ribuan TKI dari beberapa negara sudah diprediksi sebelumnya.

Maka dari itu, Pria yang akrab disapa Gus Nabil tersebut meminta pemerintah untuk memanfaatkan kembalinya TKI ke tanah air untuk kemajuan desa mereka.

Gus Nabil menyebut para pemerintah bisa mengembangkan keahlian dan cluster kerja untuk memberdayakan para kembalinya TKI ke Indonesia.

"Pengembangan keahlian dan cluster kerja. Pemerintah melalui kementrian dan instansi terkait, harus mendorong agar TKI yang pulang ke tanah air memanfaatkan kreatifitas untuk memberi nilai lebih di desa masing-masing," kata Gus Nabil, ketika dihubungi Kamis (14/05/2020).

Politisi PDIP itu menuturkan kalau para TKI mempunyai keahlian yang menunjang untuk memajukan desa mereka masing-masing.

"Sebagian dari mereka punya keahlian, dana simpanan dan jaringan. Inilah yang harus didorong agar berkembang di desa," tuturnya.

Gus Nabil menilai kalau para TKI yang pulang kampung bisa meningkatkan kemajuan desa para TKI tersebut.

Pasalnya, dengan kemampuan TKI untuk desa asal mereka selain bisa memberikan kemajuan untuk desa mereka dapat untuk bertahan hidup di desa mereka ditengah pandemi corona.

"Dengan demikian, para TKI dan pekerja migran dapat meningkatkan dinamika desa, bukan hanya bertahan hidup di desanya," pungkasnya.

Diposting 15-05-2020.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Muchamad Nabil Haroen

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Tengah 5