Komentari
Berita Anggota Parlemen

Zulkifli Ucapkan Selamat ke Ma'ruf Amin, PAN: Silakan Ditafsirkan Sendiri

Detik News, 20-05-2019

Ketua MPR yang juga Ketum PAN Zulkifli Hasan mengucapkan selamat kepada cawapres Ma'ruf Amin. PAN enggan menafsirkan ucapan selamat itu. 

"Silakan ditanggapi dan ditafsirkan sendiri. Itu kan bisa ditafsirkan beda-beda," ujar Wasekjen PAN, Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Senin (20/5/2019). 

Saleh menilai ucapan selamat itu tak lebih karena peran Zulkifli sebagai pimpinan MPR. Sang ketum, menurut dia, ingin mengambil posisi sebagai pihak yang merangkul semua orang. 

"Yang jelas, Pak Zul itu menginginkan semuanya berjalan secara damai, tertib, dan tenang. Sebagai ketua MPR, tentu beliau harus menghimbau dan mengambil posisi seperti itu. Beliau harus merangkul semua pihak," tuturnya. 

Menurut Saleh, sikap Zulkifli itu juga untuk mencontohkan sikap moderat dan bersahabat yang harus dimiliki pimpinan suatu lembaga. Apalagi, kata dia, Zulkifli memang sosok yang selalu ingin berpolitik tanpa kegaduhan. 

"Menjadi ketua MPR di saat seperti ini tentu juga tidak mudah. Perlu mencontohkan sikap moderat dan bersahabat pada semua. Sejak lama, pak Zul punya tesis 'politik tanpa gaduh'. Ya, sekarang inilah politik tanpa gaduh itu perlu dipraktikkan semua pihak," kata Saleh. 

"Saya melihatnya dalam konteks itu. Di luar itu, silahkan dibaca dan ditafsirkan sendiri-sendiri," imbuh dia. 

Sebelumnya diberitakan, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan cawapres Ma'ruf Amin sama-sama menghadiri buka puasa bersama Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti). Zulkifli mengucapkan selamat kepada Ma'ruf, yang menang Pilpres 2019 versi quick count.

"Pak Kiai, selamat. Walaupun nanti tanggal 22 (Mei), tapi saya ucapkan selamat," ujar Zulkifli sambil menjabat tangan Ma'ruf di Twin Plaza Slipi, Jakarta Barat, Minggu (19/5/2019).

Merespons Zulkifli, Ma'ruf hanya menjawab dengan tawa. Ma'ruf langsung berjalan di bangku yang telah disediakan.

"Ha-ha-ha...," kata Ma'ruf.

Diposting 20-05-2019.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Saleh Partaonan Daulay

Anggota DPR-RI 2014
Sumatera Utara II

Zulkifli Hasan

Anggota DPR-RI 2014
Lampung I