Berita Anggota Parlemen

Gaji Sudah Diterima, Kapan Anggota DPR Mulai Bekerja?

 Anggota DPR periode 2014-2019 akhirnya telah menerima gaji pokok, meski tunjangannya belum. Gaji ini diterima para wakil rakyat di saat mereka belum bekerja menjalankan fungsinya secara penuh.

Sebelumnya merebak isu anggota DPR belum bisa gajian karena konflik Koalisi Merah Putih (KMP) versus Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Isu ini dibenarkan oleh sejumlah anggota DPR. Anggota Fraksi PDIP Nico Siahaan, Selasa (4/11) kemarin mengaku belum menerima gaji. Begitu juga dengan Wakil Ketua Komisi I Tantowi Yahya, yang mengaku mulai cekak karena belum menerima gaji.

Sebagian anggota DPR lain mengaku sudah menerima gaji. Anggota Fraksi PKB Lukman Edy dan anggota Fraksi Partai Demokrat (PD) Ruhut Sitompul mengaku sudah menerima gaji pokok, namun memang belum disertai dengan tunjangannya. Jumlah gaji pokok itu sekitar Rp 16 juta. Jika ditambah dengan tunjangan, anggota DPR bisa menerima Rp 50 juta sampai dengan Rp 60 juta.

Sekjen DPR Winantuningtyastiti akhirnya mengonfirmasi soal kesimpangsiuran isu gaji anggota DPR. Win, begitu dia biasa disapa, menerangkan gaji anggota DPR telah dibayarkan pada 3 November 2014.

"Semuanya sudah. Tapi (pembayaran gaji) tidak lewat kesetjenan DPR. Ditransfer langsung ke rekening masing-masing anggota dewan," kata Win saat dihubungi detikcom via telepon, Selasa (4/11/2014) malam.

Win mengatakan tunjangan anggota DPR memang belum dibayarkan, karena para wakil rakyat belum bekerja. Tunjangan baru bisa cair jika mereka sudah mulai bekerja di alat kelengkapan dewan.

"Tunjangan maupun gaji dari kantor keuangan aturannya seperti itu. Sama dengan pegawai, bekerja dulu baru tunjangannya dibayar, beda dengan gaji yang langsung bersamaan," papar Win

Diposting 30-10-2015.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Tantowi Yahya

Anggota DPR-RI 2014
DKI Jakarta III

Muhamad Lukman Edi

Anggota DPR-RI 2014
Riau II

Junico BP. Siahaan

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Barat I

Ruhut Poltak Sitompul

Anggota DPR-RI 2014
Sumatera Utara I